LANDASAN PACU
PESAWAT
DI TEBING
DEKAT PANTAI
Makalah ini
disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran
TIK, Bahasa Indonesia, dan Mulok PI
Anggota
Kelompok
Andrew
Soehartono XII IPS
1/04
Angelina
Josephine De Yong XII IPS 1/05
Gevin Gian
Santoso XII IPS
1/22
SMA SANTA
MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO
49 SURABAYA
TAHUN 2017
------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji
Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan
tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun
kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah
memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena
itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak
Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta
Flowcart program yang dilampirakan.
2. Ibu
Christina Sumawartini, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan
makalah Ujian Praktik ini
3. Bapak drs.
I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing
pembuatan proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
Makalah
ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca
dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat
untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
LANDASAN
PACU PESAWAT DI TEBING DEKAT PANTAI...........................................................i
KATA
PENGANTAR.............................................................................................................................ii
DAFTAR
ISI..........................................................................................................................................iii
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................................................................1
A. Latar Belakang.................................................................................................................................1
B. Rumusan Masalah............................................................................................................................1
C. Tujuan dan Manfaat..........................................................................................................................1
D. Batasan Istilah..................................................................................................................................2
BAB II KAJIAN PUSTAKA..................................................................................................................3
A. Landasan
Pacu Pesawat....................................................................................................................3
B. Mikrokontroller.................................................................................................................................3
C. Kerangka
Konsep Berpikir...............................................................................................................4
BAB III PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK...........................................................................5
A. Landasan
Pacu Pesawat di Tebing Dekat Pantai..........................................................................5
B. Alat
dan Bahan.................................................................................................................................5
C. Bog
Diagram Proyek....................................................................................................................5
D. Cara
Kerja Proyek Umum............................................................................................................5
BAB IV ANALISIS DATA PROYEK................................................................................................6
A. Spesifikasi Maket.............................................................................................................................6
B. Kinerja Proyek..................................................................................................................................6
C. Flowchart Program...........................................................................................................................7
D. Lampiran Program TurboC++ Versi
Arduino..................................................................................8
BAB V SIMPULAN...............................................................................................................................9
A. Simpulan...........................................................................................................................................9
B. Kesan
dan Saran...............................................................................................................................9
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Runway pesawat adalah adalah suatu daerah persegi panjang yang ditentukan pada bandar udara di daratan atau perairan yang
dipergunakan untuk pendaratan dan lepas landas pesawat udara .Sekarang
ini runway pesawat atau landasan pesawat di Indonesia masih kurang berkualitas.
Contohnya seperti Bandara Ngurah Rai Bali yang ditunding sebagai salah satu
penyebab terjadinya abrasi yang cukup parah di pantai Kuta. Akibat landasan
pacu yang menjorok ke laut, sehingga arah arus yang semula dapat mencapai bibir
pantai Tuban, berbelok arah membentur pantai Kuta sehingga menyebabkan abrasi.
Semua landasan pesawat
tentunya harus memiliki standart keamanan yang tinggi supaya seluruh pesawat
dapat mendarat dengan lancar dan tanpa halangan. Landasan pacu pantai pun tidak
merugikan lingkungan sekitar. Melalui maket ini harapannya adalah dapat menjadi
suatu proyek yang menggabungkan dengan program arduino sehingga kedepannya
landasan pesawat memiliki standar keamanan dan kualitas yang tinggi.
Berdasarkan kenyataan
dan harapan di atas penulis mencoba membuat proyek landasan pacu pesawat yang
menggabungkan dengan program arduino. Keseluruhan program dalam landasan
pesawat seperti lampu dan lain-lain diprogram melalui arduino sehingga
kedepannya semua teratur dengan baik dan menjadikan landasan pesawat yang
berkualitas. Tak hanya itu, landasan pacu yang berada di dekat pantai pun tidak
akan merugikan lingkungan sekitar.
B.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah:
“Bagaimana merancang landasan pacu pesawat di tebing
daerah pantai?”
Rumusan masalah di atas diuraikan menjadi beberapa
masalah secara khusus:
1.
Bagaimana bentuk
landasan pacu pesawat berupa maket?
2.
Bagaimana
merancang kelistrikan landasan pacu pesawat?
3.
Bagaimana sistem
pengendalian landasan pacu pesawat dengan sistem komputer?
C.
Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket landasan pacu pesawat
yang berguna di tebing dekat pantai.
2. Manfaat: Landasan pacu pesawat di tebing dapat
berguna menjadi solusi jika ingin membangun maket di daerah bertebing dekat
pantai.
D.
Batasan Istilah
1.
Landasan pacu
adalah suatu daerah persegi panjang yang ditentukan pada bandar udara di
daratan atau perairan yang dipergunakan untuk pedaratan atau lepas landas
pesawat udara.
2.
Pesawat adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer
karena gaya angkat dari reaksi udara, tetapi bukan karena reaksi udara terhadap
permukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan.
3.
Tebing atau jurang adalah formasi bebatuan yang menjulang secara
vertikal. Tebing terbentuk
akibat dari erosi. Tebing umumnya
ditemukan di daerah pantai, pegunungan dan sepanjang sungai.
4.
Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir,
dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Landasan Pacu
Pesawat
Landas pacu adalah sepetak lahan yang digunakan oleh pesawat terbang untuk lepas landas atau
pendaratan yang dapat berupa aspal atau rumput. Dalam bahasa Inggris
disebut runway. Nama landas
pacu diambil dari arahnya dengan pembulatan ke puluhan terdekat, contoh: 36
untuk landas pacu yang mengarah ke 360 derajat (utara). Karena sebuah landas
pacu bisa dipakai dua arah, penamaan pun ada dua dengan selisih 18. Contoh:
landas pacu 9/27. Apabila bandara memiliki beberapa
landas pacu dengan arah sama, akan diidentifikasi dengan penambagan huruf L, C,
dan R untuk Left, Center, dan Right (kiri, tengah, kanan) yang ditambahkan di
akhir. Contoh: landas pacu 2R/20L. (Anonim, 2015)
Sebelum
menentukan arah landasan pacu perencana bandara akan melakukan survey lebih dulu terhadap arah angina
dominan atau arah angina yang paling sering terjadi di lokasi calon bandara
tersebut. Setelah mengetahui arah angina dominan di lokasi calon bandara,
biasanya sang perencana akan merencannakan arah landasan pacu searah dengan
arah angina dominan tersebut. Misal, arah angina dominannya adalah kea rah
timur, maka rencana landasan pacu pun akan dibuat mengarah timur-barat.
Mengapa? Pesawat yang sedang lepas landas berlawanan arah angin akan
memperpendek jarang take-off. Sedang
pesawat yang mendarat berlawanan dengan arah angina juga akan memperpendek
jarang landing-nya. (Teddy, 2016)
Pada
tepi kanan dan kiri serta ujung ujung landas pacu diberi lampu-lampu dan
tiang-tiang navigasi yang digunakan untuk membantu navigasi terlebih lebih pada
cuaca buruk dan penerbangan malam hari. Panjang landasan pacu bergantung pada
suhu, kecepatan dan arah angin, serta tekanan udara di sekitarnya. Di daerah
gurun dan di dataran tinggi, umumnya landas pacu yang digunakan lebih panjang
daripada yang umum digunakan di bandara-bandara bahkan bandara internasional, karena tekanan udara yang lebih rendah. Sebagai
contoh, landas pacu di kota Doha, Qatar memiliki ukuran panjang sampai lebih dari 5.000
meter. (Wikipedia, 2017)
B.
Mikrokontroller
Secara sederhana, mikrokontroler adalah chip yang menjadi otak dari sebuah
rangkaian elektronika. Analoginya, jika pada komputer anda otak utama adalah
chip processor Intel Core i7 (atau AMD) yang mengatur semua hardware dari mulai
motherboard, RAM, hardisk, monitor, keyboard, dsb, maka pada rangkaian
mikrokontroler Arduino, chip ATmega328 adalah otaknya, yang mengatur komponen
lain yang terhubung dengan nya (misal led, sensor2, motor). Jika pada komputer
and software diinstall dengan Operating System Windows (atau Mac OSX / Linux)
sebagai tuan rumah nya, pada microkontroler software berbentuk program yang
langsung di 'bakar' (burn) langsung pada chip mikrokontroler yang bersangkutan,
dengan 'bootloader' sebagai tuan rumahnya. Pada platform Arduino sekarang, chip
yang populer digunakan adalah ATmega328. Platform Arduino, yang dibantu oleh
dengan board-board Arduino, memudahkan anda melakukan memrograman chip
ATmega328 untuk melakukan tugas yang anda tentukan. (Anonim, 2017)
Kelebihan arduino dibandingkan dengan pengendali mikro
lain diantaranya adalah harganya yang relatif murah, pemrogramannya yang
bersifat mudah dan sederhana, bebas digunakan karena bersifat open source, tak
memerlukan hardware tambahan seperti chip, konektor USB, dan masih banyak lagi
yang lainnya. Arduino juga bisa langsung terkoneksi dengan modul lain seperti
GPS dan ethernet. (Anonim, 2016)
Apapun yang bisa dilakukan oleh ATmega328. Anda bisa menyambungkan dan
mengontrol led, beberapa led, banyak led, motor DC, relay, servo, modul dan sensor-sensor, serta
banyak lagi komponen lainnya. Semua tergantung pada kreativitas anda. Platform
Arduino sudah sangat populer sekarang ini, sehingga anda tidak akan kesulitan
untuk memperoleh informasi, tutorial dan berbagai eksperimen yang menarik yang tersedia
banyak di internet. Dengan Arduino, dunia hardware bisa bekerja sama dengan
dunia software. Anda bisa mengontrol hardware dari software, dan hardware bisa
memberikan data kepada software. Dan semuanya bisa dilakukan dengan relatif
mudah, murah, dan menyenangkan. (Anonim, 2017)
C. Kerangka Konsep Berpikir
BAB III
PERENCANAAN
PEMBUATAN PROYEK
A.
Landasan Pacu Pesawat
di Tebing Dekat Pantai
Landasan pacu berupa maket yang
berada di tebing dekat pantai. Di atas landasan, terdapat lampu-lampu seperti
landasan pacu pesawat sebenarnya. Pesawat juga dapat bergerak otomatis saat
baling-baling berputar.
B.
Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a. Triplek
b. Karton
c. Buffalo
d. Pesawat
e. Tower
f. Stik es krim
g. Gel rambut
2.
Elektronika
a.
Mikrokontroller
Arduino
b.
LED
& Resistor
c.
Dinamo
DC
d.
Kabel
timah, solder
C.
Bog Diagram
Proyek
D.
Cara Kerja Proyek
Umum
Lampu pada sepanjang jalan runway akan
menyala dengan berbagai pola dan warna yang mengarahkan pesawat ketika mau
mendarat. Selain itu, apabila kita menekan tombol on yang berada pada helipad,
maka baling-baling helikopter secara otomatis akan menyala.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A.
Spesifikasi
Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad
dirancang dengan ukuran kecil :
·
Luas area: 75 x 45 cm
·
Luas landasan pacu: 54
x 45 cm
·
Luas pantai: 14 x 45 cm
·
Tinggi: 11 cm
Spesifikasi Bahan
·
Alas triplek 75 x 45 cm
·
Karton tebal untuk
landasan 54 x 45 cm
·
Lem
·
4 buffalo abu-abu untuk
landasan
·
1 buffalo kuning untuk
garis
·
1 manila putih untuk
garis
·
Rumput sintetis
·
Tanah
Spesifikasi Alat Listrik
·
Microcontroller Type Atmega328
·
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
·
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
·
Kabel engkel ukuran kecil serabut
(warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
·
Timah ukuran 40x60
·
Dinamo DC
·
Tombol push on
B.
Kinerja
Proyek
Kelebihan proyek: Proyek dapat mensimulasikan keadaan pola
dan warna lampu pada runway pesawat selayaknya runway pesawat pada aslinya.
Selain itu, runway pesawat juga dapat menjadi suatu media pembelajaran bagi
para siswa-siswi mengenai program arudino.
Kelemahan proyek: Maket landasan pacu pesawat ini
menggunakan bahan yang mudah rusak dan menggunakan bahan-bahan yang ukurannya
kecil sehingga harus diperlakukan dengan hati-hati.
C.
Flowchart
Program
D.
Lampiran
Program TurboC++ Versi Arduino
const
int pwm = 2 ; //initializing pin
2 as pwm
const
int in_1 = 8 ;
const
int in_2 = 9 ;
//For
providing logic to L298 IC to choose the direction of the DC motor
void
setup()
{
pinMode(pwm,OUTPUT)
; //we
have to set PWM pin as output
pinMode(in_1,OUTPUT)
; //Logic pins are also set as
output
pinMode(in_2,OUTPUT)
;
}
void
loop()
{
//For
Clock wise motion , in_1 = High , in_2 = Low
digitalWrite(in_1,HIGH)
;
digitalWrite(in_2,LOW)
;
analogWrite(pwm,255)
;
/*setting
pwm of the motor to 255
we
can change the speed of rotaion
by
chaning pwm input but we are only
using
arduino so we are using higest
value
to driver the motor */
//Clockwise
for 3 secs
delay(3000)
;
//For
brake
digitalWrite(in_1,HIGH)
;
digitalWrite(in_2,HIGH)
;
delay(1000)
;
//For
Anti Clock-wise motion - IN_1 = LOW , IN_2 = HIGH
digitalWrite(in_1,LOW)
;
digitalWrite(in_2,HIGH)
;
delay(3000)
;
//For
brake
digitalWrite(in_1,HIGH)
;
digitalWrite(in_2,HIGH)
;
delay(1000)
;
}
BAB V
SIMPULAN
A.
Simpulan
Proyek
Maket Runway Pesawat ini dapat menjadi suatu media pembelajaran bagi para
siswa-siswi untuk mempelajari mengenai program Arduino dan juga siswa-siswi
dapat melihat secara langsung pola lampu runway pesawat dalam skala kecil.
B.
Kesan dan Saran
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat
membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama
lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta
kebinekaaan karakter sesama. Selain itu, kami juga belajar bagaimana membuat
maket yang baik dan berguna bagi masyarakat.
Saran
Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat
ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata
pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan seni budaya. Sehingga
efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti
lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim, (2015).
Pengertian Landasan Pacu - Runway.
Diakses dari http://bandara.id/bandara-udara/pengertian-landasan-pacu-runway, pada Minggu, 3 Desember 2017, pukul 03.41 WIB.
Teddy, (2016). Apa
Arti Angka di Ujung Landasan Pacu Bandara? Diakses dari https://www.kompasiana.com/masteddy/apa-arti-angka-di-ujung-landasan-pacu-bandara, pada
Minggu, 3 Desember 2017, pukul 04.07 WIB.
Wikipedia, (2017). Landas
Pacu. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Landas_pacu, pada Minggu, Desember 2017, pukul 04.14 WIB.
Anonim, (2017). Apakah
Arduino Itu?. Diakses dari http://ecadio.com/apakah-arduino-itu, pada Minggu, 3 Desember 2017, pukul 04.29 WIB.
Anonim, (2016). Pengertian
dan Fungsi Arduino Mikrokontroller. Diakses dari http://belajarelektronika.net/pengertian-dan-fungsi-arduino-mikrokontroller/, pada Minggu, 3 Desember 2017, pukul 04.34 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar